Sabtu, 02 Feb 2019 15:55
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Shock Breaker, Komponen Sepeda Motor Yang Membuat Naik Motor Jadi Nyaman

Kawan-kawan... Tahu dengan salah satu komponen yang dapat membuat nyaman saat melewati jalanan, Yup... Peredam kejut yang dalam bahasa Inggris biasa disebut shock absorbershock breaker, atau damper yang merupakan sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik.

Peredam kejut adalah bagian penting dalam suspensi kendaraan bermotor. Dalam kendaraan, alat ini berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Tanpa peredam kejut, kendaraan dapat terlempar, seperti energi yang disimpan dalam per dan lalu dilepaskan pada kendaraan, barangkali melebihi gerakan suspensi.

Kontrol gerakan berlebih pada suspensi tanpa peredam kejut diredam secara paksa oleh per yang kaku, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Peredam kejut diperkenankan menggunakan per yang lembut yang mengontrol gerakan suspensi dalam merespon gundukan atau lubang. Dan juga, berhubungan dengan pelambatan efek fisik dalam ban itu sendiri, mengurangi gerakan naik turun per. Karena ban tidak selembut per, untuk meredam hentakan ban mungkin dibutuhkan shock yang kaku yang lebih ideal untuk kendaraan bermotor

Peredam kejut pneumatik dan hidraulik umumnya mengambil bentuk sebuah silinder dengan piston yang bergerak di dalamnya. Silinder harus diisi dengan cairan kental, seperti minyak hidraulik atau udara. Cairan ini diisikan ke dalam dashpot. Peredam kejut berbasis per umumnya menggunakan per keong atau per daun. Per ideal itu sendiri, bukanlah peredam kejut seperti per yang hanya menyimpan dan tidak menghilangkan atau menyerap energi. Kendaraan biasanya menggunakan dua per atau palang torsi yang berfungsi sebagaimana peredam kejut hidraulik. Dalam kombinasi ini, peredam kejut secara khusus menyediakan piston hidraulik yang menyerap dan menghilangkan getaran. Per tidak dianggap sebagai peredam kejut.

Peredam kejut harus menyerap atau menghilangkan energi. Desainnya harus dipertimbangkan, oleh karena itu harus dibuat ketika mendesain atau memilih sebuah peredam kejut adalah ke mana energi akan pergi. Umumnya, dalam kebanyakan dashpot, energi diubah ke dalam panas di dalam cairan kental. Dalam silinder hidraulik, minyak hidraulik akan memanas. Dalam silinder udara, udara panas selalu dilepaskan ke atsmofer. Dalam tipe dashpot yang lain, seperti elektromagnetik, energi yang hilang dapat disimpan dan bisa digunakan kemudian jika diperlukan.

Berita Terkait

The Last of us
Jumat, 15 Feb 2019 08:57
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Yuk Diskusi Bareng Mario Iroth Wheel Story Di Acara Honda Bikers Camp Jawa Barat

The Last of us
Rabu, 13 Feb 2019 14:25
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Gallery Foto Livery Motor Honda Repsol Team dari Tahun ke tahun

The Last of us
Selasa, 12 Feb 2019 14:25
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Honda Sport Motoshow di Bandung Berlangsung Meriah

The Last of us
Selasa, 12 Feb 2019 12:18
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Ini Dia Fitur Andalan Honda CB650R Neo Sport Cafe

The Last of us
Selasa, 12 Feb 2019 07:09
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Rayakan Ulang tahun, Daya Auto Gelar Special Double Reward

The Last of us
Senin, 11 Feb 2019 15:47
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Ini Dia Pembalap Astra Honda yang akan Berlaga Di Benua Eropa

The Last of us
Senin, 11 Feb 2019 13:45
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Tim Astra Honda Siap Kembali Bersaing Di Ajang Balap Tingkat Asia

The Last of us
Senin, 11 Feb 2019 07:43
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Astra Honda Umumkan Tim Balap 2019

CARI AMAN
The Last of us
Sabtu, 02 Feb 2019 11:09
Honda Community

Cari Aman Naik Motor Wajib Pakai Helm

The Last of us
Selasa, 01 Jan 2019 13:18
Honda Community

Lima Komponen Wajib Penunjang Safety Riding

INSTAGRAM
FACEBOOK