Sabtu, 02 Feb 2019 15:55
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Shock Breaker, Komponen Sepeda Motor Yang Membuat Naik Motor Jadi Nyaman

Kawan-kawan... Tahu dengan salah satu komponen yang dapat membuat nyaman saat melewati jalanan, Yup... Peredam kejut yang dalam bahasa Inggris biasa disebut shock absorbershock breaker, atau damper yang merupakan sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik.

Peredam kejut adalah bagian penting dalam suspensi kendaraan bermotor. Dalam kendaraan, alat ini berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Tanpa peredam kejut, kendaraan dapat terlempar, seperti energi yang disimpan dalam per dan lalu dilepaskan pada kendaraan, barangkali melebihi gerakan suspensi.

Kontrol gerakan berlebih pada suspensi tanpa peredam kejut diredam secara paksa oleh per yang kaku, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Peredam kejut diperkenankan menggunakan per yang lembut yang mengontrol gerakan suspensi dalam merespon gundukan atau lubang. Dan juga, berhubungan dengan pelambatan efek fisik dalam ban itu sendiri, mengurangi gerakan naik turun per. Karena ban tidak selembut per, untuk meredam hentakan ban mungkin dibutuhkan shock yang kaku yang lebih ideal untuk kendaraan bermotor

Peredam kejut pneumatik dan hidraulik umumnya mengambil bentuk sebuah silinder dengan piston yang bergerak di dalamnya. Silinder harus diisi dengan cairan kental, seperti minyak hidraulik atau udara. Cairan ini diisikan ke dalam dashpot. Peredam kejut berbasis per umumnya menggunakan per keong atau per daun. Per ideal itu sendiri, bukanlah peredam kejut seperti per yang hanya menyimpan dan tidak menghilangkan atau menyerap energi. Kendaraan biasanya menggunakan dua per atau palang torsi yang berfungsi sebagaimana peredam kejut hidraulik. Dalam kombinasi ini, peredam kejut secara khusus menyediakan piston hidraulik yang menyerap dan menghilangkan getaran. Per tidak dianggap sebagai peredam kejut.

Peredam kejut harus menyerap atau menghilangkan energi. Desainnya harus dipertimbangkan, oleh karena itu harus dibuat ketika mendesain atau memilih sebuah peredam kejut adalah ke mana energi akan pergi. Umumnya, dalam kebanyakan dashpot, energi diubah ke dalam panas di dalam cairan kental. Dalam silinder hidraulik, minyak hidraulik akan memanas. Dalam silinder udara, udara panas selalu dilepaskan ke atsmofer. Dalam tipe dashpot yang lain, seperti elektromagnetik, energi yang hilang dapat disimpan dan bisa digunakan kemudian jika diperlukan.

Berita Terkait

The Last of us
Kamis, 22 Aug 2019 16:30
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Ini Dia Para Pemenang Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2019

The Last of us
Kamis, 22 Aug 2019 16:16
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Ekspor Honda CRF150L Meningkat 30%

The Last of us
Rabu, 21 Aug 2019 19:02
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2019 Kembali Digelar AHM

The Last of us
Rabu, 21 Aug 2019 11:39
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Siapkan Motor Modifikasi Terbaikmu... Ikuti Honda Modif Contest 2019

The Last of us
Rabu, 21 Aug 2019 10:45
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Panaskan Mesin Motormu.... Honda Bikers Day 2019 Digelar Di Ambarawa

The Last of us
Senin, 19 Aug 2019 14:18
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Wujudkan Kebanggaan Terhadap Indonesia, Bikers Honda Rayakan HUT RI ke-74

The Last of us
Jumat, 16 Aug 2019 12:09
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Dua Wakil DAM Raih Juara Kontes Layanan Honda Nasional 2019

INSTAGRAM
FACEBOOK