NEWS
DETAILS
Rabu, 28 Feb 2024 19:40 - Honda Community Bali

Naik Motor Tapi Gak Pake Lampu?

RUGI DONG!!

ini dia Blibro Mboksis berbagai jenis lampu motor yang banyak digunakan :

Tungsten

Saat ini masih ada sepeda motor yang diproduksi di Indonesia, menggunakan lampu pijar Tungsten dengan menggunakan sistem kelistrikan AC maupun DC. Keunggulan lampu ini adalah lebih efisien sehingga penggunaan listrik lebih hemat.

 

Namun lampu jenis ini memiliki penerangan yang tidak konsisten, pada saat motor berjalan lambat dengan tekanan gas yang rendah, maka lampu ikut meredup menyesuaikan tekanan gas motor sehingga daya penerangan jenis lampu ini belum sempurna.

 

Halogen

Ini merupakan perkembangan dari lampu bohlam pijar tungsten. Lampu ini paling sering digunakan. Biasanya dimanfaatkan untuk penerangan utama, lalu dan mengonsumsi daya di kisaran 35-55 watt.

 

Dasarnya lampu halogen ini adalah lampu bohlam pijar biasa yang dibuat dari filamen tungsten yang dibungkus dengan kaca kuarsa tipis yang tahan panas. Di dalamnya terdapat campuran gas, krypton, argon, nitrogen dan sedikit campuran halogen. Lalu ketika dialiri listrik, filamen akan memenas dan membara memancarkan cahaya. Lalu akan dipantulkan reflector

 

High Intensity Discharge (HID)

Ini salah satu jenis lampu mobil yang sering disebut dengan lampu xenon. Jenis lampu ini tidak menggunakan filamen seperti lampu halogen. Lampu ini lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen.

 

Selain lebih terang, cahaya yang dihasilkan juga lebih tahan lama, walaupun membutuhkan daya yang lebih tinggi. Selain itu lampu ini juga memiliki umur yang panjang bahkan awet hingga 3000 jam. Namun pergantian lampu jenis ini cukup rumit karena memerlukan arus listrik yang berbeda, sehingga membutuhkan ballast untuk menyeimbangkannya.

 

Light Emitting Diodes (LED)

Saat ini dikenal sebagai lampu paling terang. Biasanya sudah diaplikasikan pada sepede motor keluaran terbaru. Pada awalnya hanya digunakan untuk lampu rem dan juga plat nomor, namun sekarang biasa digunakan untuk lampu utama atau headlamp.

 

Ada beberapa keunggulan dari lampu jenis ini, yaitu memiliki daya yang lebih kecil, intensitas cahaya yang jauh llebih terang dan kuat dibandingkan lampu HID, lalu terkenal juga lebih awet. Sehingga lampu ini menjadi pilihan utama ketika seseorangan ingin mendapatkan pencahayaan yang baik untuk kendaraannya.

 

Tentunya bagi Blibro Mboksis bebas memilih jenis lampu / tambahan apa yang akan digunakan untuk modifikasi motornya, asalkan tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK