NEWS
DETAILS
Minggu, 23 May 2021 09:58 - Honda Community

Tak hanya destinasinya saja, Belitung juga terkenal dengan kulinernya yang menggiurkan. Mulai kudapan ringan hingga makanan berat yang bakal membuat lidah kamu tidak ingin berhenti makan. Salah satu makanan khas Belitung yang terkenal adalah gangan.

Gangan merupakan sup ikan kuah kuning yang dimasak dengan bumbu sederhana. Warna kuning pada kuah sup berasal dari kunyit alami dan citarasa rempahnya berasal dari perpaduan bawang merah, cabai, lengkuas, sereh, kemiri, dan asam. Kemudian, untuk menambah cita rasa asam yang segar dengan menambahkan potongan nanas.

Gangan sebenarnya hanyalah hidangan rumahan biasa, tidak ada aturan adat yang menyatakan bahwa gangan adalah hidangan untuk para bangsawan. Pada masa lalu, gangan tidak hanya menggunakan ikan.

Gangan dibagi menjadi dua jenis, gangan laut (gangan dengan ikan laut) dan gangan darat (gangan dengan ikan darat dan atau daging ayam, sapi, kijang bahkan pada zaman dahulu menggunakan daging babi hutan).

Saat mengunjungi Pulau Belitung, kamu bisa merasakan kenikmatan gangan hampir di semua rumah makan di Belitung, dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 25.000,- . 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK