Kamis, 20 Sep 2018 00:49
Honda Community

5 Kuliner Pangandaran yang Bisa Bikin Lidah Bergoyang-goyang

Bro, Honda Bikers Day (HBD) akan digelar di Pangandaran Jawa Barat.

Nah, jika kalian datang ke lokasi ini jangan lupa untuk nikmati ragam kuliner khas pangand ara.

Berikut kami sajikan 5 kuliner khas Pangandaran yang dijamin bisa bikin lidah bergoyang-goyang.

1. Sate Galunggung

Ini Sate Pangandaran yang banyak diburu wisatawan. Foto oleh real_miguel76

Sate Galunggung sebenarnya adalah nama warung sate. Sate ini sangat terkenal di Pangandaran karena kedai ini sudah ada sejak tahun 70’an. Saat ini dikelola olah cucu dari pendahulu pemilik kedai ini.

Baik daging ayam maupun daging kambing di sini ada. Dua menu ini banyak diburu oleh pengunjung tapi sate kambinglah yang paling disukai wisatawan. Bumbu kacang yang disajikan konon menjadi kunci mengapa sate di sini begitu laris manis.

Selain sate, pengunjung bisa mencicipi aneka sop seperti sop kambing, sop sapi, sop buntut, dan yang paling disukai adalah kambing guling.

Lokasi: Jalan Kidang Pananjung, Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat.

2. Soto Pangandaran

Soto Pangandaran biasanya disajikan dengan kerupuk warna merah ini. Foto oleh sinthalia

Kuahnya yang bening berwarna kuning menjadi ciri khas mengapa soto Pangandaran begitu dicintai para wisatawan. Irisan daging yang lembut menambah kenikmatan saat merasakan kuliner satu ini. Bihun, kerupuk berwarna merah, dan taburan irisan daun juga tak lupa menghiasi mangkuk besar soto khas Pangandaran ini.

Meskipun di berbagai daerah di Indonesia ada banyak sekali jenis soto tapi wisatawan tidak boleh lupa mencicipi soto ini karena rasanya yang lezat.

Soto ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 5 ribu. Wisatawan bisa mencicipinya di kedai Soto Jarkomi di jalan Pananjung No.412.

3. Dawet Pangandaran

Dawet Hitam adalah dawet yang jadi ciri khas minuman Pangandaran. Sumber

Seperti namanya, minuman satu ini memang sudah seperti separuh jiwa Pangandaran. Bahkan di Pangandaran ada sebuah food truck yang khusus menjajakan minuman ini di Pangandaran namany Dawet Dawala.

Minuman yang terbuat dari cincau hitam, gula aren yang diacairkan dan santan ini cocok sekali dinikmati saat siang hari. Rasanya enak dan sensasinya menyegarkan.

4. Olahan seafood di berbagai pantai menjadi kuliner wajib di Pangandaran

Pangandaran memiliki destinasi pantai yang cukup terkenal di Jawa Barat. Di titik-titik pantai ini banyak sekali penjual seafood yang rasanya sangat lezat. Tentu saja akan menjadi poin plus jika kita bisa menikmati pantai bersama dengan hidangan seafood yang lezat itu.

Resto seafood yang cukup terkenal enak adalah Pondok Pangandaran, Karya Bahari, Rumah Makan Bu Surman, dan RM. Berkah Seafood di Jalan Talanca No. 315, Pantai Timur Pangandaran.

Wisatawan dapat menikmati cumi goreng dengan bumbu lombok hijau dengan harga mulai dari Rp25 ribu-an.

5. Pindang Gunung

Kuliner terakhir yang wajib dicicipi saat berada di Pangandaran adalah Pindang Gunung. Pindang Gunung merupakan sejenis sup ikan berkuah yang dibumbui dengan bumbu sunda.

Pindang Gunung ini biasanya dimasak oleh masyarakat di sekitar Pantai Pangandaran. Ikan yang digunakan biasanya ikan kakap.

Harga yang dibanderol untuk mencicipi kuliner ini tak mahal, hanya sekitar Rp 15 ribu saja. Anda bisa memesan sajikan ini di kedai atau warung pinggir pantai.

 

Berita Terkait

The Last of us
Minggu, 21 Oct 2018 00:47
Honda Community

Berburu Kuliner Legendaris dan Bergizi di Kota Tinutuan

The Last of us
Sabtu, 20 Oct 2018 07:48
Honda Community

Berburu Kudapan Unik, Pisang Goreng Sambal Roa di Manado

The Last of us
Jumat, 20 Jul 2018 12:17
Honda Community

3 Spot Mie Legendaris di Jakarta, Hmm...Sadis Bro Lezatnya!

INSTAGRAM
FACEBOOK