NEWS
DETAILS
Minggu, 17 Sep 2023 10:40 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - AHM Oil memiliki dua jenis oli yaitu MPX dan SPX. Oli MPX merupakan singkatan dari Maximum Protection Expert sedangkan SPX adalah Superior Protection Expert. Variant Oli Honda MPX dan SPX tersedia untuk seluruh tipe dan jenis motor baik Cub (motor bebek), sport dan matik. MPX memiliki 3 variant yaitu MPX 1, MPX 2, dan MPX3, sedangkan SPX hanya memiliki 2 variant yaitu SPX 1 dan SPX 2 yang memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Perbedaan MPX 1, MPX 2, MPX 3, SPX 1 dan SPX 2

Oli MPX 1 dan SPX 1 ditujukan untuk jenis motor cub dan sport, sedangkan untuk MPX 2 dan SPX 2 ditujukan untuk motor matic yang semuanya memiliki spesifikasi kekentalan SAE: 10W-30. Menurut Robby Caroko, SA AHASS Astra Motor Imam Bonjol, untuk MPX 3 secara khusus ditujukan untuk sepeda motor Honda generasi lama karena dilengkapi dengan spesifikasi kekentalan SAE: 20W-40. “Hal itu dikarenakan pada sepeda motor generasi lama mesinnya sudah melalui jam terbang dan jarak tempuh yang tinggi, sehingga diperlukan oli mesin yang memiliki tingkat kekentalan yang lebih tinggi agar dapat melumas celah mesin motor (yang telah longgar karena gesekkan di waktu yang lama) secara sempurna” tambah Robby.

Untuk segi harga oli SPX memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan oli MPX. Hal itu dikarenakan Oli SPX baik SPX 1 dan SPX 2 merupakan oli fully synthetic dengan tingkat kemurnian yang lebih tinggi dari oli MPX sehingga dapat memberikan proteksi mesin yang lebih sempurna pada saat motor mengalami gesekkan, temperatur dan tekanan yang tinggi.

Untuk perbedaan fisiknya selain dari label nama pada botol oli, MPX dan SPX memiliki perbedaan warna kemasan dan tutup pada botolnya. Untuk MPX warna pada botolnya berwarna putih dan sedangkan untuk SPX warna pada botolnya berwarna emas. Sedangkan pada tutup botol warna merah untuk motor jenis cub dan sport (MPX 1, SPX 1 & MPX 3) dan warna biru untuk motor matik (MPX 2 & SPX 2).

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK