NEWS
DETAILS
Rabu, 21 Jul 2021 14:00 - Ikatan Motor Honda Makassar

Siapa yang tidak kenal Honda BeAT, kesuksesan yang diraih BeAT tidaklah main-main. Kuda besi ini dinobatkan sebagai produk roda dua terlaris di Indonesia.

Brosis harus tau bahwa Honda BeAT bukanlah motor matik pertama yang dijual pabrikan berlogo sayap di Indonesia. Produk pertama Honda di kelas skutik untuk pasar Tanah Air justru Vario, meluncur 2006.

  1. Honda BeAT Keluaran Pertama (2008)

Sejarah Honda BeAT dimulai pada 2008. Di awal kemunculannya, Honda membekali motor Matic ini dengan kapasitas mesin 108 cc, SOHC 2-katup dengan sistem karburator.

Di atas kertas, torsi puncaknya 8,32 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 8,22 PS pada 8.000 rpm. Sementara soal tangki bahan bakar, kapasitasnya cuma 3,5 liter. Karena BeAT versi pertama sangat mudah diotak atik dan masih menggunakan mesin tipe karburator oleh karena itu banyak Brosis yang masih menyukai motor ini.

Dua tahun kemudia Honda melakuakn facelift pada Honda BeAT pertama dengan merubah desain striping yang lebih mencolok, selain pada striping perbuahan juga tampak pada desain spatbor yang lebih besar serta felg jari-jari 

  1. BeAT Generasi Injeksi 

BeAT PGM-FI lahir pada tahun 2012 sekaligus menjadi BeAT dengan sistem injeksi pertama. Alhasil, mesinnya mampu lebih irit 30% dibandingkan BeAT generasi pertama.

Desain BeAT PGM-Fi ini terlihat lebih gemuk. Hal ini dikarenakan ukuran bagasi yang lima kali lebih luas dari sebelumnya. Pijakan kaki yang lebih luas, jok yang lebih lebar dan panjang namun dengan dimensi keseluruhan yang tetap ringkas agar tetap astik diajak selap-selip dijalan.

AHM juga melengkapi kehadiran Honda BeAT genenrasi kedua ini dengan CBS (Combi Brake System), inilah BeAT pertama yang mengadopsi fitur CBS yang mengintegrasikan rem depan dengan rem belakang dalam satu tuas.

  1. BeAT eSP : Say Goodbye to Suara Starter Kasar

Honda BeAT generasi ketiga resmi hadir pada tahun 2014. Dimodel eSP ini berbagai teknologi disematkan, salah satunya ACG Starter shinbgga suara kasar ketika starter mesin bisa diredam.

Kemudian Honda juga memberi 3 pilihan varian yakni versi CW, CBS, dan CBS ISS. 

Pada 2014 hadir pula varian Beat POP eSP bersamaan dengan BeAT eSP. Tampilan BeAT POP eSP terlihat lebih imut dan bodinya membulat. Total ada 4 pilihan warna BeAT POP eSp yaitu Harmony Balck White, Accoustic Balck, Groovy Red White dan Symphony White blue.

  1. BeAT Generasi Keempat

 Pada tahun 2016 hadir Honda BeAT generasi keempat, perbedaannya ada pada sisi kosmetik. Kehadiran model ini sekaligus menandai pencapaian terjulnya BeAT hingga 10 juta unit sejak tahun 2008.

Pada tahun yang bersamaan pula AHM meluncurkan Honda Beat Street sebagai varian baru selain BeAT POP. Tampilan Beat Street benar-benar beda karena memakai stang telanjang dan speedometer berbentuk kotak full digital.

  1. BeAT eSAF

 2020 menjadi tahun yang penuh perubahan dan revisi mulai dari rangka yang diubah memakai teknologi eSAF hingga mesin baru.

Dengan jantung mekanis baru, BeAT eSAF menggunakan kapasitas yang sedikit lebih besar sehingga sanggup mengeluarkan tenaga maksimal 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9.3 Nm pada 5.500 rpm.

Soal fitur, Honda BeAT 2020 punya lampu depan LED dan power charger yang bisa dimanfaatkan mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Pada bulan Juli 2021, AHM malakukan penyegaran warna dan stripping baru untuk BeAT seies yaitu BeAT dan BeA Street.

New Honda BeAT tipe CBS kali ini memiliki pilihan warna spesial terbaru yang lebih sporty yaitu Dance White Black dan Techno Blue Black, melengkapi warna sebelumnya yaitu Hard Rock Black dan Punk Red Black. Sementara itu, untuk tipe CBS-ISS dihadirkan warna matte spesial untuk keseluruhan pilihannya yaitu Garage Matte Black dan Electro Matte Blue. Kedua warna ini memiliki sentuhan aksen pola geometri yang memberikan kesan yang lebih aktif dan dinamis.

Penyegaran stripe juga diberikan kepada skutik compact dengan gaya street style, New Honda BeAT Street. Pada dua pilihan warna spesial yaitu Street Black dan Street Silver disematkan stripe baru berkonsep Urban Art Image yang artistik, sesuai karakter anak muda perkotaan saat ini.



 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK