NEWS
DETAILS
Senin, 25 Jan 2021 10:15 - Ikatan Motor Honda Makassar

Honda PCX adalah salah satu jenis kendaraan roda dua yang di produksi oleh HONDA, pertama kali hadirnya Motor Honda Jenis PCX pada pertengahan tahun 2010, saat itu Astra Honda Motor (AHM) Indonesia mengimport langsung dari Thailand dengan memiliki Kubikasi 125cc, namun kubikasi 125cc  tersebut hanya dua tahun karena di tahun 2012 kendaraan import dari Thailand itu hadir kembali dengan kubikasi yang lebih tinggi yakni 150cc dengan versi Thailand dan Vietnam.

Antara tahun 2010 dan 2012 dimasa kehadiran Honda PCX di Indonesia, Sekelompok pengguna yang memiliki kesamaan dalam kegemaran Motor Honda PCX sangat antusias dengan gagasan untuk menyatukan diri dan membentuk sebuah club Motor dengan harapan dapat mewujudkan  mewadahi para penggemar Motor PCX.  Inilah cikal bakal lahirnya Honda PCX Club Indonesia dan telah tersebar sembilan di wilayah Indonesia dengan masing masing membentuk chapter.

 

Pada hari Jumat pagi, tepatnya tanggal 23 September 2011 beberapa pengguna Motor Honda PCX datang di Bandung dengan masing masing mewakili wilayahnya sebanyak sembilan wilayah, yaitu :

  1. Bandung                              6. Surabaya
  2. Jakarta                                  7. Lampung
  3. Depok                                   8. Makassar
  4. Tanggerang                        9. Palembang
  5. Bekasi

 

Sembilan wilayah tersebut sepakat untuk menyatukan Visi dan Misi dengan membuat wadah yang diberi nama Honda PCX Club Indonesia atau disngkat HPCI dengan disaksikan Paguyuban Honda atau Ikatan Motor Honda Bandung (IMHB).

Chapter Makassar sendiri pada tahun 2011 dengan sebanyak 3(tiga) Orang yang juga sebagai pendiri untuk di wilayah Kota Makassar diantaranya :

  1. Willy Samoel
  2. Adistya Dwi Harbastian
  3. Irhamsyah Amin

Wilayah Kota Makassar sendiri dalam kurun waktu lima tahun merangkul anggota masih dalam tahap penjaringan untuk masyarakat yang memiliki motor Honda PCX kala itu, sehingga pada tahun 2018 Chapter Makassar mendeklarasikan dirinya di Kota Bandung menandakan HPCI Chapter Makassar resmi berdiri tepatnya pada tanggal 11 Maret 2018 atau bertepatan Hari Besar Nasional yaitu SUPERSEMAR dibawah Kepemimpinan Willy Samoel mampu menjaring anggota lebih kurang 100 anggota hingga akhir 2019.  Di tahun tersebut tepatnya dibulan November 2019 dilaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) untuk memilih Pemimpin baru atau Ketua Chapter dengan kedewasaan berdemokrasii para anggota HPCI Chapter Makassar sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang dimiliki HPCI, maka hasil MUSDA tersebut menetapkan Om Arviyan Wafrizal terpilih sebagai Ketua Chapter masa bhakti Tahun 2019-2021. Seiring dengan waktu, HPCI Chapter Makassar mengalami perkembangan sangat pesat yang mampu membina anggota sebanyak lebih kurang 151 orang yang telah registrsi menjadi Anggota resmi.

HPCI Chapter Makassar salah satu Chapter yang tercatat sebagai Chapter terbaik di Indonesia dengan memiliki program kerja yang sangat padat, baik dari segi program pembinaan kepada anggotanya maupun program sosial kemasyarakatan bagi masyarakat luas. HPCI Chapter Makassar telah menorehkan tinta emas dalam hal bhakti sosial dengan ditunjuknya sebagai Komando dan Pusat Pengumpulan bantuan all HPCI untuk para Korban Bencana tsunami di Palu. Hal inilah salah satu bukti dan menjadi daya tarik HPCI Chapter Makassar, sehingga banyak penggemar Motor Honda PCX bergabung dalam HPCI hingga saat ini.

HPCI Chapter Makassar berupaya untuk merubah paradigma masyarakat bahwa Club Motor tidak seperti sebahagian masyarakat bayangkan, seperti yang selalu ugal ugalan di atas jalan atau sering mengganggu ketentraman pengguna jalan dan banyak lagi sikap negative yang ditujukan kepada Club Motor, akan tetapi HPCI khususnya Chapter Makassar akan selalu bersentuhan dengan masyarakat, memiliki rasa kepedulian terhadap setiap masyarakat yang mengalami kesulitan atau musibah.  

 

HPCI Chapter Makassar telah banyak merealisasikan program programnya,  dalam hal sosialisasi ketertiban lalulintas bersama sama Komunitas all bikers tertib lalulintas (KOMTIBLAN) kepada masyarakat pengguna jalan, dalam bidang  sosial, sebut saja ketika Kabupaten Luwu dan Palopo mengalami bencana Longsor, lalu Kabupaten Bantaeng dan Jeneponto mengalami Banjir Bandang, serta Masyarakat yang mengalami kesulitan sandang dan pangan atau masyarakat kurang mampu turut disentuh untuk diberikan bantuan hingga Musibah Wabah Covid-19 dengan membagi bagikan masker kepada pengguna jalan dan juga kepada tim gugus Covid-19 Kota Makassar serta rencana program bantuan pembangunan Masjid di Kabupaten Bulukumba tahun ini juga akan dilaksanakan oleh HPCI Chapter Makassar, maka tidak dapat dipungkiri pula bahwa atas segala dedikasi dan upaya para pengurus dan anggota HPCI Chapter Makassar yang bekerja dengan rasa kepedulian, beberapa BUMN memberikan support nya kepada HPCI Chapter Makassar, diantaranya : Main Dealer Honda Astra Motor Sulawesi Selatan, PT. Pegadaian (Persero), PT.Bank Tabungan Negara tbk, PT. Djarum dan Jaringan dealer Motor Honda yang ada di Makassar. 

 

Inilah sekelumit tentang Profil Community HPCI Chapter Makassar yang dapat disampaikan agar HPCI secara umum dapat dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga Paradigma masyarakat terhadap Club Motor jauh dari pandangan negative. Tekad dan upaya HPCI Chapter Makassar akan berusaha untuk menjadi Club/Komunitas percontohan di Kota Makassar khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Semoga kedepan HPCI dapat semakin maju dan tetap Solid serta sukses dengan program programnya dalam sosial kemasyarakatan tentunya. Amiiin..

==============================TERIMA KASIH =================================

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK