Sabtu, 21 Nov 2020 13:54
Honda Community

Punya Visi Misi Baik, Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Makin Besar

Honda PCX Club Indonesia (HPCI) bisa dibilang sebuah komunitas yang cukup besar, pasalnya sampai saat ini ada sekitar 125 chapter tersebar di seluruh Indonesia.

Komunitas yang mewadahi semua penggemar Honda PCX di Indonesia ini diresmikan pada pada 23 September 2011 silam. Hingga kini memiliki banyak member bukan perkara mudah, namun HPCI punya pedoman agar komunitas ini tetap utuh dan solid.

"Alhamdulillah... sampai dengan sekarang kita selalu berpegang dengan AD/ART hasil musyawarah nasional (Munas) dan selalu kita sosialisasikan ke member yang ada di tiap chapter secara berjenjang," buka H. Rahmat Wira selaku Ketua Umum HPCI periode 2019-2021.

Bukan perkara mudah membawahi ratusan chapter yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, untuk itu HPCI membaginya dalam beberapa wilayah.

"HPCI membaginya per-wilayah, dimana masing-masing dikoordinir oleh seorang Koordinator Wilayah (KORWIL), yang terdiri dari 9 korwil," sambung Pak Haji Wira sapaan akrabnya.

Pembagian wilayah HPCI:

1. Sumatera Bagian Utara:
Nanggroe Aceh Darussalam
Sumatera Utara
Riau
Kepulauan Riau
Padang

2. Sumatera Bagian Selatan:
Jambi
Sumatera Selatan
Bangka Belitung
Bengkulu
Lampung

3. JABODETABEK
4. Jawa Barat dan Banten
5. Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
6. Jawa Timur
7. Bali dan Nusa Tenggara
8. Kalimantan
9. Indonesia Timur

Mengenai masa pandemi sekarang ini, tentu semua aktifitas tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Wira sebagai ketua mengeluarkan himbauan kepada seluruh chapternya untuk tetap mematuhi peraturan pemerintah.

"Selama masa pandemi ini HPCI tetap mematuhi peraturan pemerintah yang memang sudah ditetapkan. Hampir 4 bulan awal berlangsung semua kegiatan skala chapter atau skala nasional HPCI kami tidak melakukan kegiatan apapun, baik kopdar atau anniversary chapter, bahkan rencana di bulan Maret kemarin acara Nasional kami yaitu Gatnas 2020 yang rencananya dilaksanakan di Lampung kami batalkan," ucap Wira.

Biar makin mempererat tali persaudaraan antar anggota, sebagai penggantinya HPCI mengeluarkan beberapa maklumat yang bisa dijalankan ke seluruh chapter dan melakukan beberapa kegiatan untuk masyarakat.

"Kopdar online antar member pada masing-masing chapter, kopdar dilakukan dengan jumlah member terbatas dengan mengikuti protokol kesehatan dengan catatan setelah masa PSBB mulai di-kendorkan oleh pemerintah. Perayaan Anniversary ke-9 HPCI chapter dilakukan secara virtual dihadiri langsung dengan jumlah peserta yang sangat kami batasi, dan untuk para member yang lain bisa join lewat online saja karena kami lakukan via live streaming juga," jelas Wira.

"Pada masa pandemi kita juga menggelar beberapa kegiatan, seperti bakti sosial dengan membagi sembako dan masker serta donor darah di bulan September yang merupakan rangkaian Anniversary HPCI yang ke-9 oleh semua member", tambahnya.

HPCI sendiri bukan sekadar komunitas, mereka berdiri punya visi dan misi yang jelas. Tentunya hal ini juga wajib dipahami keseluruh member chapter.

Visi :
- Sebagai klub untuk mengembangkan dan memperkenalkan dunia otomotif
- Menjadi organisasi yang memiliki kesadaran sosial yang tinggi
- Mempererat tali persaudaraan anta club motor khususnya dan khalayak ramai pada umumnya
- Menjadikan HPCI sebagai wadah otomotif yang bermuatan positif
- Diharapkan untuk bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam etika berkendara yang baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku

Misi :
- Menjaga tali persaudaraan antar sesama club otomotif khususnya dan masyarakat pada umumnya
- Menghimpun dan mempersatukan semua pengguna sepeda motor Honda pada khususnya dan sepeda motor jenis lain pada umumnya
- Mengubah citra negatif tentang komunitas motor yang telah melekat di masyarakat
- Menjadikan HPCI sebagai club motor yang bersifat positif dan berorientasi pada sikap yang profesional

Tidak hanya sampai di sini, HPCI terus mengembangkan chapter di berbagai wilayah. Buat brader yang ingin membuka chapter baru tentu ada syaratnya.

"Untuk chapter minimal 5 member, selanjutnya mengubungi korwil bagi chapter yang baru untuk direkomendasikan ke pusat. Selanjutnya akan diberi penilaian seperti, jumlah member cukup sesuai syarat dan sudah terbentuk susunan kepengurusan ada calon ketua chapter ada calon wakil ada calon bendahara dan ada calon divisi-divisi. Terakhir, HPCI sudah berbadan hukum dan sudah disahkan oleh kemenkumham," tutup Wira.

Berita Terkait

The Last of us
Selasa, 22 Sep 2020 13:27
Honda Community

Profile Asosiasi Honda Motor Palembang (AHMP)

The Last of us
Selasa, 15 Sep 2020 15:43
Honda Community

Honda Community Jatim Mbois, Seduluran Sak Lawase

The Last of us
Senin, 14 Sep 2020 13:05
Honda Community

Paguyuban Ikatan Motor Honda Palu (IMHP)

The Last of us
Selasa, 08 Sep 2020 13:22
Honda Community

Paguyuban IMHJB Pemersatu Bikers Honda di Jawa Barat