NEWS
DETAILS
Kamis, 23 Apr 2020 14:05 - Honda Community

Saat ini brader-brader Honda hadir di seluruh penjuru tanah air. Dari ujung Sabang sampai Merauke juga ada. Salah satunya teman-teman di Jayapura, Papua yang tergabung dalam Paguyuban Honda Motor Jayapura (PHMJ).

PHMJ sendiri terbentuk pada 9 Juni 2011, ada sekitar 14 komunitas Honda di dalamnya.

"Untuk pengurus, mulai dari koordinator sampai anggota berjumlah kurang lebih 35 orang. Dan mereka semua perwakilan dari 14 klub yang tergabung di PHMJ," buka Shandy Suwages selaku ketua PHMJ periode 2017-2021.

Shandy sengaja melibatkan semua komunitas untuk mengirim perwakilannya dalam jajaran kepengurusnya, agar setiap informasi yang diberikan sampai langsung ke semua internal masing-masing club tersebut.

Untuk kegiatan kopdargab, PHMJ rutin melakukannya sebulan sekali di awal minggu pertama. PHMJ tidak punya lokasi tetap, karena mereka membaginya agar berkeliling ke setiap wilayah yang ada di Jayapura.

"Kopdargab PHMJ dilaksanakan setiap bulan di minggu pertama, biasanya kami ambil di hari Jum'at malam agar tidak mengganggu waktu kopdar internal masing-masing club di hari sabtu malam. Untuk lokasi kopdargab PHMJ kami rolling tiap bulannya, tapi masih dalam wilayah kotamadya Jayapura," jelas pria yang akrab disapa Pikachu ini.

Shandy tidak menutup pintu apabila ada komunitas Honda lainnya di Jayapura ingin bergabung dengan PHMJ, hanya ada syarat utamannya.

"Kalau untuk kami di PHMJ, paling kami liat dulu club baru tersebut jenis motornya apa? Kalau misalnya di dalam PHMJ sendiri sudah ada jenis motor yang sama dengan club baru tersebut, paling kita dekati, ajak ngopi bareng kemudian merangkul mereka untuk bergabung dalam club sejenis motor mereka yang sudah terdaftar dalam PHMJ," wanti Shandy.

Berbagai ragam kegiatan di PHMJ sudah banyak yang dilakukan, baik yang diadakan oleh PHMJ sendiri ataupun dengan merangkul main dealer Astra Motor - Papua.

"Kegiatan yang sudah kami buat pada masa kepempinan saya, seprti membantu korban banjir bandang di Kab. Jayapura dengan membuka posko bantuan kemanusiaan PHMJ, di berbagai titik kami juga sudah membuat MCK. Yang paling terakhir adalah membagikan tempat cuci tangan portabel ke kepolisian dan tempat pelayanan kesehatan, rendah Shandy.

Di tengah pandemi ini, ada beberapa kegiatan besar PHMJ yang tertunda. Jayapura Bikers Festival ke-2 harus diundur sampai waktu yang belum ditentukan.

"Acara yang bakal diramaikan bikers dari Papua dan Papua Barat ini, rencananya akan kami gelar 11 April kemarin. Akhirnya saya putuskan untuk mengundurkan kegiatan tersebut, padahal persiapan kami sudah tersisa pelaksanaan saja akan tetapi kehendak Tuhan lain, jadi kami mengikuti situasi dan kondisi dulu," sesal Shandy.

Mimpi terbesar dari PHMJ sendiri saat ini adalah bisa mewujudkan Honda Bikers Day regional di Papua. Shandy yakin bakal banyak bikers yang hadir juga dalam gelaran ini.

"Besar harapan kami sebagai komunitas yang ada di Papua bisa mendapat jatah HBD regional, karena kami juga bagian dari NKRI dan Honda Papua adalah bagian dari rumah kami. Kalau untuk peserta kami berani menjamin Papua juga punya banyak bikers yang siap meramaikan kegiatan ini," yakin Shandy.

Komunitas Honda yang tergabung di Paguyuban Honda Motor Jayapura (PHMJ):

Jayapura Tiger Motor Club (JTMC)
Jayapura Supra Motor Club (JSMC)
Honda Revo Club Jayapura (HRCJ)
Papua Honda Blade Commnity (PHBC)
Djajapoera Honda Tempo Doeloe (DJADOEL)
BeAters Jayapura Community (BJC)
CBR Riders Papua Club (CBR RPC)
Satu Hati Streetfire Club Jayapura (SHSCJ)
Vario Honda Community Jayapura (VHCJ)
Jayapura Honda Scoopy Club (JHSC)
Sonic Motor Club Jayapura (SMCJ)
CRF Club Jayapura (CCJ)
Honda PCX Club Indonesia (HPCI) chapter Jayapura
Honda ADV Indonesia (HAI) chapter Jayapura

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK