NEWS
DETAILS
Minggu, 17 Sep 2017 08:42 - Honda Community

Provinsi Sulawesi Selatan, sama seperti provinsi lainya di Republik Indonesia yang kaya akan kebudayaan.

Bentuk rumah adat, suku, bahasa, lagu daerah, senjata tradisional, tarian adat, pakaian adat dan lainnya memiliki ciri khas tersendiri.

Empat suku yang terkenal menghuni provinsi ini adalah Bugis, Makkasar, Mandar dan Toraja berdampingan bersama suku lainnya, pun dengan bahasa daerahnya, Makkasar, Bugis, Toraja, Mandar, dan lain lain.

Tongkongan adalah rumah adat orang Toraja, bagian kolong rumah tersebut berupa kandang kerbau belang atau tedong bonga. Kerbau ini merupakan lambang kekayaan, disepan rumah tersusun tanduk tanduk kerbau,sebagai perlambang pemiliknya telah berulang kali mengadakan upacara kematian secara besar besaran.

Pakaian adat Selawesi Selatan yang dipakai prianya berupa tutup kepala, baju yang disebut baju bella dada, sarung yang disebut tope, keris tata ropprng (terbungkus dari emas seluruhnya) dan gelang nada yang disebut pottonaga.

Sedangkan wanitanya memakai ikat kepala, baju lengan pendek, Tope atau sarung dengan rantainya, ikat pinggang dengan sebilah keris terselip didepan perut. 

Perhiasan yang dipakai adalah anting anting panjang atau bangkara a’rowe, kalung tunggal atau geno sibatu dan gelang tangan. Pakaian ini berdasarkan adat Bugis Makasar.

Angin Mamiri, Pakarena dan Marencong adalah sedikit dari banyaknya lagu daerah darai Sulawesi Selatan.


(Foto : Kebudayaan Indonesia)

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK