NEWS
DETAILS
Kamis, 16 Dec 2021 16:03 - Ikatan Motor Honda Makassar

Makassar - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di pengujung tahun 2021, Astra Motor Sulsel ingin berbagi tips dalam berkendara yang aman saat berlibur. Tak jarang, para pengendara sepeda motor membawa barang yang cukup banyak sehingga berpotensi membahayakan keamanan berkendara.
Oleh karena itu, team Safety Riding Astra Motor Sulsel melalui safety riding instructor Abdul Kadir berbagi tips bagaimana cara membawa barang bagi pengguna roda dua. Tips ini tidak hanya berlaku kepada pengendara yang akan merayakan pergantian tahun di kampung tapi juga berlaku kepada pengendara yang mencari nafkah seperti kurir pengantar barang dengan menggunakan sepeda motor.

Abdul Kadir mengatakan, momen Nataru tentu akan banyak masyarakat yang akan berencana pulang kampung dengan kendaraan roda duanya. Pada umumnya pengendara roda dua yang pulang kampung akan membawa barang bawaan untuk oleh-oleh maupun sebagai bekal dan perlengkapan untuk perjalan jauh lainnya.
Berikut bagaimana cara membawa barang yang aman dan nyaman dengan kendaraan roda dua:

  1. Sebaiknya menggunakan alat bantu muat barang seperti :

Cutom box
Bracket box
Tas pelana/obrox
Tas Punggung
Dan pastikan perlengkapan tersebut tidak mengganggu aktifitas penegendara

  1. Jangan membawa barang secara berlebihan meskipun menggunakan alat bantu

Hal yang harus diketahui saat membawa barang meskipun dengan menggunakan alat batu adalah tidak melanggar atura berlalulintas dan jalan raya dimana Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2014 tentang barang bawaan atau tepatnya merujuk ke pasal 10 Ayat 4 dan pasal 11 dimana salah satu pointnya adalah tinggi barang bawaan adalah maksimal 60 cm dengan lebar tidak melewati kaca spoin kiri dan kanan.

Alat bantu muat barang terpasang dengan baik.
Alat bantu muat barang terpasang kuat dan benar.
Barang bawaan tertata rapih.
Sesuaikan dengan kapasitas.
Astikan dapat terkinci dengan aman.
Jika terpaksa harus mampir parkirlah ditempat yang aman dan terjangkau oleh pandangan mata.
Selalu Mengutamakan Keselamatan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK