Rabu, 16 Sep 2020 22:05
Koentoel Soerobojo

Pentingnya Oli mesin, yuk cari tahu

Membayangkan betapa kerasnya mesin motor bekerja setiap hari, harusnya cukup untuk membangkitkan kesadaran para pengguna untuk secara rutin mengganti oli sepeda motor kesayangannya, terlebih mengingat jalanan di kota besar yang sering kali kurang bersahabat.

Memiliki sepeda motor tentu menimbulkan tanggung jawab tersendiri, salah satunya adalah merawat mesin.

Mengganti minyak pelumas atau oli adalah bagian yang tak terpisahkan dalam perawatan sepeda motor.

Pastikan untuk memilih oli yang terjamin kualitas dan teknologinya serta cocok dengan jenis motor yang digunakan.

Salah satu merek pelumas mesin yang bisa diandalkan adalah rangkaian AHM Oil. Setiap produknya merupakan hasil riset dan pengembangan laboratorium Honda Jepang yang dirancang untuk melindungi dan menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Oli atau pelumas punya peran penting dalam sistem kerja mesin sepeda motor. Selain berfungsi melumasi komponen untuk mengurangi gesekan, juga punya fungsi penting lain agar komponen-komponen bagian dalam mesin bisa terlindungi dan lebih awet.Beberapa fungsi penting tersebut diantaranya :

1. Sebagai Pendingin mesin,  Selain melindungi dari gesekan, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin agar mesin tetap pada suhu ideal. Ketika mesin berada pada suhu ideal, kinerjanya akan lebih sempurna.

2. Membersihkan Komponen, Oli yang bagus mampu membuat komponen mesin tetap bersih terutama dari kotoran sisa pembakaran. Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan atau membawa gram akibat gesekan antar komponen supaya tak menempel pada bagian-bagian penting mesin. Kotoran yang terbawa akan tersaring di saringan oli sehingga oli akan kembali bersih.

3. Menghaluskan Suara Mesin, Oli juga punya fungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan akibat gesekan komponen mesin sehingga suara mesin terdengar lebih halus. Jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakaiataukarena spesifikasi oli yang digunakan tak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.

4. Menghindari Korosi, Oli juga memiliki aditif yang berfungsi melindungi komponen dari korosi atau karat. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap proses oksidasi yang bisa menimbulkan koros

Berita Terkait

The Last of us
Kamis, 24 Sep 2020 15:04
Koentoel Soerobojo

Pengendara motor perlu perhatikan Etika Berkendara saat di jalan

The Last of us
Jumat, 18 Sep 2020 10:07
Koentoel Soerobojo

Kapan Kampas Rem motormu harus di ganti, ini tanda-tandanya

The Last of us
Rabu, 16 Sep 2020 22:05
Koentoel Soerobojo

Pentingnya Oli mesin, yuk cari tahu

The Last of us
Jumat, 11 Sep 2020 08:18
Koentoel Soerobojo

Ga perlu antri service, cukup Brompit saja

The Last of us
Kamis, 10 Sep 2020 21:25
Koentoel Soerobojo

Putus rantai penyebaran covid, Honda Bikers Day di rumah saja

The Last of us
Rabu, 09 Sep 2020 21:29
Koentoel Soerobojo

Honda Virtual Expo Flash Sale 9.9

The Last of us
Selasa, 08 Sep 2020 06:52
Koentoel Soerobojo

Ada Ladies Biker yang suka Trabas di Ngoprek Cak