NEWS
DETAILS
Selasa, 14 Nov 2017 13:49 - Koentoel Soerobojo

Assalamu’alaikum wr wb

Selamat siang guys

Penyegaran dikit nih tak jauh – jauh dengan topik yang barusan mimin ulas masih disekitar kepala silinder.  Ini mengenai teknologi pada motor – motor kekinian yakni Secondary Air Suplay System (SASS) Pada Honda atau ada nama lain pada kompetitor sebelah  yakni Air Induction System (AIS) pada kompetitor lainnya dengan nama Pulsed Secondary Air Injection System (PAIR), atau yang terakhir bernama High-performance Secondary Air System (HSAS).

SASS merupakan teknologi untuk mengurangi kandungan emisi gas buang pada gas buang mesin kita. Cara kerjanya yakni menyemprotkan udara segar pada saluran exhaust, dengan kandungan O2 pada udara segar mampu membantu penguraian gas buang serta didukung katalis pada muffler untuk mempercepat reaksi penguraian gas buang.

Terkadang timbul pertanyaan benarkah SASS pada kendaraan dapat menurunkan performa mesin kita??? Jawabannya tentu tidak, karena berfungsi mengatur penyemprotan udara bersih (O2) kedalam saluran buang “exhaust port” agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran ( CO & HC ) menjadi gas CO2 dan H2O yang tidak berbahaya serta pembakaran yang dihasilkan pun lebih sempurna sehingga campuran bahan bakar dan udara akan terbakar sempurna. Jadi anggapan bahwa SASS menyebabkan penurunan performa mesin kita itu adalah mustahil. Selain itu SASS juga mampu mengurangi emisi gas buang yang dikeluakan oleh kendaraan pula.

Sekian ulasan kali ini semoga bermanfaat bagi semuanya.

Wassalamu’alaikum wr wb.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK