Sabtu, 20 Jun 2020 13:24
Honda Community

Meski Punya Nyali, Marc Marquez Ogah Ikut Balap Paling Berbahaya

Sifat berani Marc Marquez tidak perlu diragukan lagi. Namun begitu, bukan berarti Marquez mau tampil dalam balapan yang berbahaya.

Reputasi Marc Marquez sebagai pembalap yang tak kenal takut di MotoGP sudah terbukti. Tengok saja cara kerja sang pembalap pada setiap akhir pekan balapan.

Kecelakaan ketika sesi latihan bebas sudah menjadi rutinitas Marc Marquez. Risiko itu sengaja diambil Marquez agar menemukan batas maksimal dari motornya.

Tidak heran apabila Marc Marquez kerap memuncaki daftar catatan kecelakaan di MotoGP di samping menguasai klasemen pembalap pada akhir musim.

Sebuah pertanyaan pun muncul, beranikah Marc Marquez untuk tampil dalam balapan Isle of Man TT (Tourist Trophy).

Pembalap tim Repsol Honda tersebut memiliki jawaban yang tegas.

"Saya menaruh rasa hormat yang besar kepada para pembalap yang berlomba di sana tetapi saya tidak menyukainya," kata Marquez, dilansir BolaSport.com dari GPOne.

"Saya suka bersenang-senang dengan motor, mencari batas. Sementara membalap di Isle of Man berarti mempertaruhkan nyawa Anda, begitulah saya melihatnya."

Isle of Man TT menjadi salah satu ajang balap motor paling berbahaya karena menggunakan jalan umum dan rute yang panjang layaknya balapan tempo dulu.

Isle of Man TT awalnya masuk dalam kalender balap MotoGP, namun dihapus sejak 1977 karena diboikot oleh sebagian besar pembalap.

Dengan pagar rumah sebagai pembatas dan bukannya area terbuka, tidak ada ruang bagi pembalap untuk membuat kesalahan. Nyawa pun bisa menjadi taruhan.

Sudah ratusan pembalap meninggal akibat mengalami kecelakaan di Isle of Man TT. Pada 2016 bahkan ada lima pembalap yang nyawanya tak terselamatkan.

Marc Marquez tidak sendirian.

Pembalap MotoGP modern seperti Valentino Rossi juga mengaku senang Isle of Man TT tidak lagi masuk dalam kalender MotoGP.

"Ya, saya senang. Maksud saya ini bukan sekadar balapan," kata Rossi saat mendapat kesempatan untuk menjajal salah satu rute di Isle of Man TT pada 2009.

"Balapan ini berbeda dari MotoGP. Ini sangat berbahaya dan tidak mungkin membuat kesalahan. Balapannya juga sangat cepat. Ini mengasyikkan sekaligus mengagumkan."

Berita Terkait

The Last of us
Senin, 20 Jul 2020 11:17
Honda Community

Marc Marquez Cedera, Kans Juaranya Terancam?

The Last of us
Sabtu, 04 Jul 2020 13:58
Honda Community

Marc Marquez Mungkin Akan Kehilangan Gelar Juara Dunia 2020