NEWS
DETAILS
Kamis, 04 Feb 2016 12:20 - Honda Community

Enam pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) mulai menjalani latihan intensif menjelang tes pramusim kejuaraan balap Asia Talent Cup (ATC) 2016 di sirkuit Sepang, Malaysia. Melalui kejuaraan ini, para pembalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini bertekad kembali mengharumkan nama bangsa dengan mengibarkan Merah Putih di podium tertinggi.

Serangkaian latihan secara intensif dilakukan pembalap AHRT di sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 2 Februari 2016. Latihan difokuskan pada kemampuan dan kecepatan beradaptasi dengan menggunakan motor jenis sport.  Untuk mengasah adaptasi jenis sport di sirkuit, mereka dilatih menggunakan Honda CBR150R. Sedangkan untuk pengenalan karakter motor serta posisi duduk, menggunakan Honda GP Mono. Latihan intensif merupakan persiapan sebelum seleksi pembalap pada tes pramusim ATC 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 9-10 Februari.

Keenam pembalap AHRT yang akan berlaga di ATC tahun ini adalah Gerry Salim, Andi Farid Izdihar atau yang biasa dikenal sebagai Andi Gilang, Irfan Ardiansyah, Dwiki Hardhiana, Alif Akbar Utama dan Faldan Novayaser Mardani. Para pembalap muda ini merupakan hasil tempaan Honda Racing School yang disiapkan AHM untuk membina para pembalap muda Tanah Air sejak usia dini.

ATC sendiri merupakan ajang balap yang diselenggarakan oleh Dorna Sports sebagai penyelenggara balap tingkat dunia MotoGP untuk mencari bibit-bibit unggul pembalap muda dari Asia. ATC diikuti oleh 7 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Jepang, Thailand, China, Australia, dan Filipina. Pada ajang ATC ini, setiap pembalap menggunakan motor sport berspesifikasi Moto3, Honda NSF 250R.

ATC menggelar dua kali pertandingan di setiap seri. Setiap pembalap mengumpulkan akumulasi poin untuk menentukan posisi klasemen tertinggi hingga akhir seri. Dalam menyeleksi pembalap terbaik di Asia, Dorna Sport bersama Alberto Puig yang telah berhasil menemukan bakat balap Dani Pedrosa dan Casey Stoner memperhatikan berbagai aspek yaitu skill, style balap, konsistensi, kecepatan, potensi, dan progress tiap balapan.

Para pembalap AHRT yang lolos tes pra musim ATC 2016 dapat mengikuti rangkaian 6 seri balap kejuaraan ini di Sirkuit Chang - Thailand (11-13 Maret), Sirkuit Losail – Qatar (17-20 Maret), Sirkuit Sepang – Malaysia (13-15  Mei), Sirkuit Zhuhai – Cina (16-19 September), Sirkuit Twin Ring Motegi – Japan (14-16 Oktober) dan ditutup di Sirkuit Sepang – Malaysia (28-30 Oktober).

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra, mengungkapkan latihan intensif yang digelar AHM merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan kecepatan adaptasi karakter motor balap Asia Talet Cup bagi para pembalap AHRT. AHM berharap para pembalap Tanah Air ini dapat terus mengasah potensinya untuk kelak kembali mengibarkan Merah Putih di ajang balap internasional.

“Sesuai dengan komitmen kami, AHM terus mendukung pembinaan dan pematangan kompetensi pembalap muda di Indonesia untuk meraih mimpi mereka di ajang balap internasional. Kami berharap semakin banyak pembalap-pembalap muda Indonesia yang berkiprah dan mencetak prestasi di kancah balap internasional dan kelak  Merah Putih akan berkibar di podium paling tinggi puncak balap MotoGP,” ujar Indraputra.

Dalam 6 seri yang telah berlangsung pada 2015 lalu, perjuangan dua pembalap muda didikan AHM telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Tanah Air. Andi Gilang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dari podium tertinggi seri kedua di sirkuit Losail, Qatar, di bulan Maret. Sedangkan pembalap asal Jawa Timur, Gerry Salim, telah dua kali berhasil menaiki podium ketiga pada seri pertama di Sirkuit Chang, Thailand, pada Maret, serta pada seri kelima di sirkuit Motegi, Jepang pada awal Oktober.

Raihan pembalap Indonesia di ATC 2015 mencatatkan prestasi yang gemilang dari 22 pembalap yang turut berpartisipasi di ajang balap bergengsi ini. Gerry Salim tercatat berhasil mengumpulkan perolehan 109 poin dan berada posisi ke-6.  Andi Izdhihar, yang akrab disapa dengan nama Andi Gilang, bersaing tipis dengan Gerry dengan memperoleh 104 poin dan berada di posisi ke-9.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK