Rabu, 06 Feb 2013 00:00
Honda Community

Yuk, Periksa Pelampung Indikator Bensin.

Karena indikator bensin di panel spidometer bermasalah, tak sedikit dari bikers yang ‘dikerjai’. Sebab, kondisi bensin di tangki sudah tak aktual. Bensin kosong, diinfokan penuh!

Kejadian ini sempat dialami Brader Wahyu Sarwoko yang hampir tiap hari rolling thunder Sragen-Semarang, Jawa Tengah. Kejadiannya saat berangkat ke Semarang untuk bekerja, tiba-tiba motor Honda Supra X125-nya mogok. Setelah dicek indikator bensin, masih setengah. 

Lalu, dicek pengapian juga masih bagus. “Sempat bingung juga. Tapi, ketika buka jok dan tutup tangki bahan bakar, ternyata kosong,” beber ayah satu anak ini.

Tak tunggu lama lagi, akhirnya indikator bensin yang telah membuatnya pusing itu dibongkar buat cari penyebab kerusakan. “Sebelumnya harus tahu dulu cara kerja dari indikator bensin itu. Indikator ini, bekerja berdasarkan variabel resitor yang ada di dalam tangki,” katanya.
Variabel resistor digerakkan pelampung yang mengikuti tinggi-rendah permukaan bensin di dalam tangki. Sebenarnya, indikator bensin digital atau yang model jarum, prinsip kerjanya sama. Kerusakan, biasanya pada kontak variabel resistornya yang ada di dalam tangki.

“Variabel resistor jadi rawan rusak karena seringnya terjadi gesekan. Sehingga, disitu akan terjadi keausan,” bebernya. Variabel resistor juga akan rawan terhadap kotoran, karena jeleknya kualitas bahan bakar yang dipakai.

Langsung saja, pria yang juga berprofesi sebagai Guru SMK ini memberikan trik bagaimana mengatasi indikator bensin yang ngaco. Pertama, lepaskan variabel resistor indikator bensin yang ada di tangki.

Caranya, lepaskan pelat pemegang unit variabel resistor indikator bensin dari tangki. Selanjutnya lepas juga konektor kabelnya. Jika punya multi-tester, bisa diketahui langsung keausannya dengan mengukur hambatan yang dihasilkan dari pergerakan pelampung.

Saat pelampung digerakkan ke atas, berarti posisi ini dimana bahan bakar yang ada di tangki penuh. Karena, hambatannya kecil. Begitupun saat digerakkan ke bawah, berarti posisi tangki kosong karena hambatannya besar.

Mengatasinya, bisa semprot kontak variabel resistor pakai cairan pembersih kerak. Sambil disemprotkan, gerakkan pelampung hingga kotoran yang menempel di kontak bisa terangkat dan lepas.

Jika kontak sudah melebar yang menyebabkan persinggungan sudah tidak sempurna, bisa sedikit menekan ke dalam lengan pelampung sehingga persinggungan kembali sempurna

Berita Terkait

The Last of us
Kamis, 16 Oct 2014 00:00
hbd.hondacommunity.net

Rute perjalanan dari Padangbai menuju Pantai Pandawa

The Last of us
Jumat, 03 Oct 2014 00:00
hbd.hondacommunity.net

Cukup 100ribu bisa menginap di Bali!!

The Last of us
Senin, 29 Sep 2014 00:00
hbd.hondacommunity.net

Honda Bikers Day 2014 di Pantai Pandawa Bali

The Last of us
Sabtu, 05 Apr 2014 00:00
Koentoel Soerobojo

CUB PHOTO CONTEST

The Last of us
Kamis, 03 Apr 2014 00:00
Ikatan Motor Honda Kalimantan Selatan dan Tengah

Ramaikan Kegiatan di SMK Palangkaraya (Cerita Perjalanan Rider Ekspedisi Nusantara)

The Last of us
Rabu, 02 Apr 2014 00:00
Ikatan Motor Honda Kalimantan Selatan dan Tengah

Komunitas Honda Tanjung Sambut Rider Ekspedisi Nusantara

The Last of us
Rabu, 02 Apr 2014 00:00
Ikatan Motor Honda Kalimantan Selatan dan Tengah

Deklarasi Scooses (Scoopy Seribu Sungai) Banjarmasin

The Last of us
Senin, 10 Mar 2014 00:00
Ikatan Motor Honda Kalimantan Selatan dan Tengah

Sosialisasi keselamatan berkendara