Kamis, 22 Nov 2012 00:00
Honda Community

Ini Penyebab Mesin Honda Supra Berisik Pasca Ganti Oli

Habis ganti oli tenaga dan suara mesin jauh lebih baik. Tapi, yang dialami Yunan, mekanik TSM Motor di Karang Duren, Tengaran Kab. Semarang justru sebaliknya. Begitu mesin dihidupkan muncul berisik, sampai dia sendiri kebingungan.

Saat dianalisa, suara kasar timbul dari bagian bawah mesin. “Suara logam ketemu logam berasal berasal dari batang penekan rantai keteng,” buka Yunan.

Hal tersebut karena oli di ruang batang penekan rantai keteng habis atau berkurang. Saat mesin dihidupkan, batang penekan rantai keteng bersinggungan langsung dengan pegas penekan.


Analisa pertama, saat menguras oli mesin menggunakan udara bertekanan. Membuat oli yang ada di ruang mesin keluar semua. “Bisa juga karena kesalahan saat melepas baut penguras oli. Keliru melepas baut yang menahan pegas rantai keteng. Karena posisinya bersebelahan,” urai pria 3 anak tersebut.

Mengatasi masalah ini, solusi yang ditawarkan dengan cara memasukkan kembali oli ke dalam batang penekan. Terlebih dulu buka baut cincin washer.

Selanjutnya siapkan oli 1-2 cc untuk dimasukkan ke dalam ruang tersebut. Hidupkan mesin, jika suara kasar belum hilang, buka baut cincin washer saat mesin hidup, selanjutnya tutup kembali. Ini guna mengeluarkan angin dari dalam batang penekan.

Lakukan berulang sampai suara mesin normal kembali.

Berita Terkait

The Last of us
Selasa, 09 May 2017 18:29
Honda Community

New Honda Sonic 150R, Motor Bandel Jarang ke Bengkel

The Last of us
Kamis, 25 Jun 2015 19:10
Honda Community

Service di AHASS Jawa Barat Dapat Diskon 25 Persen

The Last of us
Jumat, 18 Jul 2014 15:53
Honda Community

Berburu Spare Part dan Aksesori Honda CB di Solo

The Last of us
Senin, 23 Jun 2014 00:00
Honda Community

Service Motor Lebih Praktis Dengan Bengkel Keliling Honda

The Last of us
Jumat, 01 Mar 2013 00:00
Honda Community

Kick Starter Jarang Dipakai, Dirawat Juga Dong!

The Last of us
Jumat, 15 Feb 2013 00:00
Honda Community

Starter Bermasalah? Yuk Dibersihkan..